Friday, October 13, 2006

teknologi bikin ribet

suatu pagi di suatu mal ... setelah sebuah transaksi yg tak berakhir dgn baik (malah belum melakukan apa2, baru masukin kartu doang)

ii (mood nya lg seneng, soalnya pake celana 3/4 ..loh apa hubungannya ya?): met pagi mbak, mau nglapor kalau kartu ATM ku ditelen mesin ATM di citos
mbak: oh iya. no rekeningnya berapa mbak?
ii: mbak saya di citos, manalah saya bawa2 buku tabungan saya
M: oh iya ya .. bisa sih kita cari rekeningnya, tp butuh 2 menit
ii: ya udh gak papa
mbak: nama nya, alamat tagihan, alamat sesuai KTP, tanggal lahir, bla bla bla bla
ii menjawab semua pertanyaan itu dgn tdk sabar krn harus mengeja namaku yang unik sampe 4 kali (4 kali sodara sodara)
mbak: mbak citos itu sama ama cilandak mal ya?
ii: mana saya tau mbak, citos ya citos
mbak: yang di jalan cilandak itu kan?
ii: mbak saya enggak tau
(after awhile, twowhile, threewhile)
mbak: gini mbak, kartunya nanti bisa diambil kembali di kantor cilandak atau fatmawati
(dalam hati dan emosi dan bingung: he? emangnya bisa?)
ii: mbak saya enggak mau kartu saya, saya cuma mau block kartu saya aja
mbak: oh ya udah mbak kartunya saya blok aja deh
ii (dalam hati): he?

tau enggak apa yg salah dengan percakapan diatas, selain bahwa itu enggak penting dan panjang?? ternyata kalau kartu ATM yang udh ditelan itu udh sama sekali gak bisa dipake lagi. Krn kartu nya nanti akan langsung dihancurkan sama petugasnya ... jadi my question to you MBAK: ngapain aku disuruh ke cabang ini dan itu buat ambil kartu???

anyway, aku tau info itu setelah nelpon langsung ke ktr cabang bank ku, dan mbak nya menawarkan bbrp solusi:
1. tunggu sampe ada laporan dr petugas yg ngurus mesin ATM mengenai kartuku, which means it will take more than a week
2. lapor aja ke polisi, bilang kartunya ilang (ihhh.... mbak nya ngajarin bo'ong nih)
3. ambil semua duit di rekening (tinggalin 10 ribu), lalu buka rekening baru. tp ini kalau saldonya kurang dr 10 jt, krn ternyata oh ternyata sekarang kalau mau ambil duit lebih dr 10 jt hrs pake kartu atm juga ... (baru tau nih)

kenapa makin ribet ya?? bukankah seharusnya teknologi itu membuat segalanya makin mudah dan efisien ya? skrg ambil duit punya sendiri aja hrs pake buku dan kartu ATM

temanku juga punya pengalaman yang sama (bermasalah dgn teknologi) di suatu gedung megah di jalan sudirman. dia mau ke lantai 28, tp kok di depan lift nya tidak ada tombol naik dan turun ya? setelah nunggu 15 menit sambil celingak celinguk, dia melihat seorang ibu yang menuju ke pintu lift. ikutlah temenku menunggu di belakang sang ibu. di dalam lift temenku makin bingung, kok enggak ada tombol no lantainya ya? yg terlihat hanya layar yg menunjukkan angka 25. ternyata ibu itu turun di lt 25. temenku panik dan ikut turun donk. lalu bertanya lah sama sang ibu.

temen: bu kalo mo ke lantai 28 gimana caranya ya?
sang ibu: oh .. di lantai 1 diujung deretan lift ada panel, nah dipanel itu mbak tekan angka 2 dan 8. lalu layar akan menunjukkan mbak hrs nunggu di lift A, B, C, ato D.

yah mungkin ini hanya aku aja yang masih gaptek kali ya ...

No comments: